Saturday, January 19, 2008

Khutbah Nikah

- Dua Calon Pengantin, Bapak Wali dan para Saksi yang saya hormati, Bapak-bapak dan Ibu-ibu serta Hadirin juga Tamu Undangan yang saya hormati.

- Terlebih dahulu marilah kita bersama-sama untuk memanjatkan puji serta syukur kehadirat Alloh SWT, Alloh yang telah banyak memberikan ni’mat kepada kita, sehingga atas perkenan-Nya lah kita sekalian dapat berkumpul disini.

Selanjutnya Rahmat serta Salam senantiasa selalu tercurah kepada Nabi Al-Mustofa yaitu Nabi Muhammad SAW, kepada Keluarga, Sahabat, Tabi-it dan Tabi-in hingga kepada kita yang tetap mengikuti ajaran yang dibawanya.

- Sidang Walimatul ‘Urus Rohimakumulloh

Diantara kewajiban orang tua terhadap putra-putrinya adalah :

1. (Memberikan Nama yang baik)

2. (Mengajarkan Kitab dan Hikmah, memberikan Pendidikan/ mendidik)

3. (Menikahkan mereka ketika mereka dewasa)

Oleh karena itu saya mengucapkan selamat kepada Bapak …………………………. Dan Ibu …………………………… yang telah sukses melaksanakan tugas dengan penuh kebahagiaan.

- Mempelai berdua menjalankan kehidupan Rumah Tangga bukan sesuatu yang mudah, namun perlu suatu persiapan yang cukup dan perencanaan yang matang, oleh karena itu Baginda Rosul mengisyaratkan di dalam sebuah haditsnya tentang Rumah Tangga, dimana digambarkan bahwa kehidupan Rumah Tangga bagaikan suatu pelayaran untuk menuju Tepian Harapan.

Maka Rosul mengatakan : (Perbaharui kapalmu)

yang dimaksud adalah Rumah Tangga yang baru,

(Sesungguhnya lautan yang akan kamu arungi sangatlah luas).

(maka perjalanan yang sangat panjang)

dengan demikian, perjalanan kehidupan rumah tangga sangatlah luas dan panjang, maka perlu bekal yang cukup.

Bekal tersebut haruslah disiapkan jauh sebelum Ananda menentukan perkawinan, namun saya yakin Ibu dan Bapak tercinta kalian sudah memberikan sebagian bekal tersebut baik langsung melalui petuahnya, ataupun secara tidak langsung di dalam perilaku kehidupan keluarga.

- Hadirin Sidang Walimatul ‘Urus Rohimakumulloh terutama Ananda berdua,

Pada kesempatan yang sangat singkat ini, Bapak ingin memberikan Tips untuk sukses barangkali sedikit bekal tambahan untuk menyertai perjalanan kehidupan Rumah tangga Ananda berdua.

- Ananda berdua,

Untuk mencapai dan mewujudkan baiti jannati ( )

Yang penuh dengan mawaddah dan rohmah, maka harus ada 4 unsur yang kalian lalui,

· unsur yang pertama adalah :

adanya kejujuran pada diri suami sebagai Kepala Keluarga. Sebagai contoh suami (Bapak) pergi kemana dengan siapa dan kegiatannya apa, harus diketahui oleh istri, tidak hanya itu saja, bahkan segala bentuk aktivitas kegiatan suami harus diketahui oleh istri.

· unsur yang kedua adalah :

Istri yang ta’at dan patuh di dalam keluarga Rumah Tangga sebagaimana Rosul mengisyaratkan

Dan apabila kamu perintah, dia patuh padamu”, itulah gambaran Istri yang baik.

· unsur yang ketiga :

adalah mempunyai anak yang sholeh dan sholehah ta’at kepada orang tua dan ta’at kepada Alloh SWT.

· unsur yang keempat :

Mempunyai Rizki yang banyak dan halal untuk bekal didalam beribadah kepada Alloh SWT, rizki yang mampu menenangkan diwaktu tidur dan menyenangkan di waktu terjaga.

Ananda berdua dan hadirin Rohimukumulloh, selanjutnya 2 pesan Rosululloh sebagai fundamen awal dari pada kehidupan rumah tangga kalian berdua, yakni :

1. (sinarilah rumah mu dan rumah tangga yang baru itu dengan melaksanakan / mendirikan sholat yang lima waktu)

2. (sinarilah kehidupan rumah tangga mu itu dengan gemar membaca Al Qur’an)

Insya Alloh dengan melaksanakan sholat yang 5 waktu dan sholat sunat lainnya, ditambah gemar membaca Al Qur’an, maka rumah tangga kalian berdua akan penuh dengan Rhmat Alloh SWT.

Yang terakhir pesan dari Rosululloh SAW,

(beribadahlah kepada Alloh dan janganlah engkau menyekutukan-Nya, serta ta’at dan patuhlah kepada kedua orang tua. Insya Alloh rumah tangga kalian berdua akan dilindungi oleh Alloh SWT)

Itulah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk mempelai berdua, dan kita yang hadir di sini.

No comments:

Post a Comment